Tugas Luar Kota

Saya bukan tipe orang yang sering bepergian. Selain karena saya tipe juragan, yang biasa disetirin ke mana-mana (alias ga bisa nyetir kendaraan slaen sepeda), saya juga ga bisa ngerencanain perjalanan sendiri. Kadang bingung mo ngapain di tempat tujuan ntar. Jadi biasanya kalo bepergian pun, saya ngikut itenerary orang aja. Saya juga bukan anak rantau. Orang tua saya ada di Jakarta, adek-adek di Jakarta, keluarga juga banyak yang di Jakarta. Paling jauh juga di Bandung. Sejak nikah, barulah saya punya kampung dan punya ritual mudik.

Nah kebetulan, kantor saya suka bikin workshop atau sosialisasi ke banyak kota. Gantian ama yang lain, saya ditugasin ke beberapa kota yang disinggahi. Emang ga terlalu spesial, apalagi kalo dibandingin ama perjalanan dinas beberapa kenalan saya. Tapi bagi saya, yang jarang-jarang bepergian, smua perjalanan ini cukup asik lah😀

Denpasar

Ini kota tugas pertama saya. Untuk meliput sebuah kegiatan sharing di mana kantor saya sebagai salah satu media partner. Kegiatan itu sendiri keliling ke 40 kota. Waktu itu saya modal nekat. Cuma berbekal tiket pesawat PP dan sejumlah uang. Belum tau mo nginep di mana, belum tau persis lokasi acaranya. Sampe Ngurah Rai pun ga ada yang jemput.

Bawa-bawa x-banner yang nyaris mo ketinggalan di bandara gara-gara pindah gate, akhirnya saya ketemu juga ama rombongan di sana. Keluar-masuk penginapan murah di Poppies Lane, dapet juga yang rada mayan. Ada kolam renangnya segala. Ga tau knapa saya selalu excited liat kolam renang, padahal saya ga bisa berenang :p

Saya dapet kamar yang twin bed, padahal cuma sendirian. Ga tau kenapa, remote tv yang pas sebelum tidur saya taro di ranjang saya, eh pas saya bangun pagi-paginya kok ada di ranjang sebelah?:-/

Tapi saya ketemu komunitas seniman yang asik di Denpasar. Namanya Lingkara. Dianterin jalan-jalan keliling dan ngopi di seputaran Kuta.

Semarang

Masih dalam rangkaian kegiatan sharing yang sama seperti di Denpasar. Kali ini saya naek kereta. Dan karena ada family friend di sana, jadi ada yang jemput dan nyariin oleh-oleh. Berhubung itu pas Euro, jadi begadang abis acara buat nonton bola. Cuma sempet tidur satu-dua jam, trus harus bangun lagi buat naek kereta. Jadilah tidur mulu di kereta.

Di Semarang, ketemu ama @nagacentil yang ternyata ikut hadir di acara sharing tersebut. Trus sempet sarapan bareng ama @idawatizhang dan si kecil Matt.

Di sana, saya nginep di Eben Ezer Guest House. Bersih, rapi, dan nyaman. Semarang itu kota yang bersih. Trus taksinya cepet banget kalo dipesen. Baru ngomong ke front desk, trus duduk sebentar, eh taksinya udah nongol aja. Jadi berasa car call dan bukan pesen taksi😀

Medan

Ini dalam rangka Kompetisi Komik Indonesia. Saya excited sangat pun, secara belum pernah ke Sumatera. Medan ini pengalaman yang paling menyenangkan di antara kota-kota yang pernah saya kunjungi sampe saat ini. Bareng ama anak-anak Akademi Samali, kita keliling-keliling Medan dan nyicipin segala macem kulinernya. Duren, mie aceh, martabak kubang, seafood, pancake  duren, bika ambon, kopi, manisan jambu madu. Malah pas lagi beli oleh-oleh, dengan cueknya kita ngemilin tester bika ambon yang disediain. Kita nemu coffee house di sana yang ternyata baru buka seminggu. Namanya Otten Coffee di Jalan Kruing. Mereka sedia bubuk kopi dan biji kopi yang belum digiling. Kita juga dapet free espresso. Sempet difoto-foto segala ama owner-nya.

Di Medan, saya nginep di Santika Dyandra Premiere. Sarapannya beragam dan enak-enak. Oiya, kadar norak pun bertambah pas saya liat mobil apa yang dipake dari hotel untuk jemput di bandara: Alphard. Bhahaha, akhirnyaaa nyicipin juga naek Alphard.

Tapi abis dari situ, gegara kecapean dan smua dimakan, suara saya abis pun. Ga bisa ngomong sama sekali. Disuruh voice rest ama dokter. Seminggu lah saya ga ngantor😀

Balikpapan

Ini untuk supervise workshop menulis. Karena sifatnya cuma supervise, saya ga terlalu repot. Ga bawa x-banner, backdrop, poster, atau flyer seperti di kota-kota sebelumnya. Saya emang cari penginepan sendiri, tapi itu udah beres dari Jakarta. Di sana, saya sibuk keliling-keliling kota, liat pantai dan cari oleh-oleh di Pasar Kebun Sayur.

Puas makan seafood di sana. Tapi ga sempet nyicipin kepiting saos di Resto Kenari yang dipesenin ama setiap orang begitu tau saya mo ke Balikpapan. Ikan bakar di Pasar Kebun Sayur itu sumpah enak banget. Empat porsi ikan bakar ga sampe 150 ribu.

Saya nginep di City Hotel di Jalan Sudirman. Hotelnya cukup bagus, tapi nuansa kamarnya agak gloomy. Lagi-lagi saya dapet twin bed, padahal cuma sendiri. Sempet ngeri juga kejadian di Denpasar keulang lagi. Untunglah engga😀

Tapi saya kena delay pesawat, pas berangkat dan pas pulangnya. Satu-dua jam gitu. Dan cuma dapet roti kecil dan kering sebagai kompensasi.

Makassar

Coto Makassar-nya enaaaak. Saya makan yang di Jalan Gagak. Buka 24 jam, jadi kapan pun laper, bisa makan di sana. Tapi seperti yang dibilang banyak orang, makanan di sana cukup mahal. Seporsi coto dengan mangkuk kecil kayak soto kudus gitu dihargain 14 ribu.

Sebelum pulang, saya makan siang di warung tenda pinggir jalan yang jual ikan bakar di Jalan Daeng Tompo. Walopun pinggiran gitu, tapi pelanggannya cukup rame. Sambelnya mantap. Apalagi sambel rica-ricanya. Empat porsi ikan bakar itu abis 130 ribuan.

Di toko oleh-oleh Sulawesi Art, saya beli sambel cabe botolan yang merknya Mr. Cabee. Sebotol kecil harganya 5 ribu. Pedesnya mantep. Panas bener. Dipake makan indomie cocok deh.

Saya nginep di Aswin Hotel di Jalan Gunung Latimojong. Hotelnya baru. Kecil tapi bagus dan pelayanannya oke. Wifi-nya juga sampe tiap kamar dan sinyalnya kenceng.

Sampe saat ini sih, saya baru tugas ke lima kota itu. Belum tau juga ntar-ntarnya gimana. Walopun ga bisa dibilang jalan-jalan, karena saya di sana harus ngeliput dan ikut repot ngurusin acaranya, but I have quite much fun and experience.

3 thoughts on “Tugas Luar Kota

  1. ih seru banget! apalagi sempet kunjungin tempat yg unik & lucuk. oooitu yg kemarin bikin suara abis yah ;D

    btw, tadi langsung aja nggugel nyari Eben Ezer Guesthouse, kok yang keluar di ethiopia ya :))

Leave a Reply

