Korea Trip: Keliling Naik Bis

Halte Bis

Transportasi umum bisa cukup menantang kalau kita ada di tempat asing, terutama di negara lain yang tidak berbahasa Inggris apalagi bahasa Indonesia. Di Korea, dalam hal ini di Ulsan, pun begitu. Ada sih tulisannya, tapi boro-boro tau artinya, bacanya aja gak bisa. Untungnya di Ulsan ada web Ulsan Online yang cukup lengkap memberi info soal nomor bis dan rutenya, dalam bahasa Inggris. Tapi kenyataan tak semudah di web, saya tetep aja nyasar.

Baru pertama kali naik bis, karena malu bertanya, maka saya dan adik pun tersesat di jalan. Setelah satu jam muter-muter kota, kami kelewatan halte tujuan dan malah sampai ke terminal bisnya. Hahaha. Moral of the story: walaupun gak tau pengucapannya dan pasti salah ngucapinnya, jangan malu tanya ke sopirnya soal tujuan kamu. Nanya sekali lagi juga gak papa buat memastikan. Ya kali aja sopirnya lupa.

Kalau mau naik bis di Ulsan, beli kartu Bee-Money. Ada di convenience store macem Seven Eleven atau C4U. Nanti untuk top up juga di convenience store. Saldo di kartu udah gak cukup ata cuma iseng naik bis? Bisa bayar pakai uang tunai juga kok. Harganya sedikit lebih mahal dari bayar pakai kartu (pakai kartu 1140 KRW, kalo dengan uang tunai 1200 KRW). Di halte, kita bisa lihat estimasi waktu kedatangan bis yang ditunggu. Selain itu ada info rute, dan bis nomor berapa yang lewat halte tersebut.

Pas naik bis, tempelkan kartu ke box yang biasanya ada di dekat sopir atau pintu masuk. Ada juga kotak transparan untuk tempat uang bagi yang gak punya kartu atau saldonya gak cukup. Siapin kartunya sebelum masuk bis, biar gak ganggu calon penumpang lain.

Perhatikan bangku-bangkunya. Ada bangku prioritas dengan warna berbeda. Kalau bangku lain penuh, biasanya orang cuek aja duduk di bangku prioritas, tapi kalau ada lansia, bumil, penyandang cacat, atau yang bawa anak kecil, mereka akan memberikan tempat duduknya.

Untuk berhenti, tekan tombol stop satu halte sebelumnya. Jadi sopirnya tau kalau ada yang mau turun di halte berikutnya dan ngebukain pintu belakang.

Kabar baiknya adalah, di tiap halte ada free wifi. Seru kan?😀

5 thoughts on “Korea Trip: Keliling Naik Bis

    • Haha, kalo di Korea kan tertib turun naik di halte. Semacem bis Transjakarta gitu.

      Selama di Ulsan sih ga beli peta. Soalnya kalo jalan-jalan kebanyakan naik mobil ama adik. Tapi di Seoul sih pegang peta yg disediain gratis di hotel buat modal jalan-jalan. Plus apps jalur kereta Metro Seoul di hape. Terbantu banget😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s